Minggu

Macam-Macam Jenis Mesin Jahit




Banyak macam mesin jahit mulai dari klasik hingga yang moderen. Harganya pun bervariasi mulai dari yang ratusan ribu hingga puluhan juta. Sebagai seorang yang ingin menggeluti dunia jahit tentu kita harus mengenal macan-macam mesin jahit. Berikut adalah beberapa dari sekian banyak jenis dan model mesin jahit yang saya ketahui:

1. Mesin Jahit Klasik

Jenis mesin jahit tradisional. Mesin jahit ini banyak dikenal karena hampir semua penjahit pernah mengguanakan mesin jahit jenis tersebut dan masyarakat pada umum pun sering menjumpai bahkan memiliki mesin  jahit jenis ini dirumahnya.  :

2. Mesin Jahit HighSpeed.
 
Mesin jahit dengan kecepatan tinggi dan biasana dipakai di konveksi-konveksi dan garment.
sangat cocok untuk menjahit bahan jeans, kapas dan serat kimia dengan , hasil rajutan. mesin jahit jenis ini dilengkapi dengan pasokan minyak otomatis dan hasil jahitannya pun sangat stabil dan indah. Mengoperasikannya cukup mudah dan melakukan pekerjaan bisa lebih cepat karena dilengkapi dengan motor listerik berkecepatan tinggi

3. Mesin Jahit Automatic
 
Jenis mesin jahit yang dilengkapi sistem komputerisasi dan layar monitor. Ini lebih canggih dari jenis mesin jahit no. 2. Pengguna bisa mengatur sistem yang diinginkan melalui tombol-tombol yang tersedia. Mesin jahit Automatic mampu memotong benang dengan sendirinya, mengunci jahitan diawal dan diakhir jahitan, mengatur pada langkah keberapa jahitan akan berhenti dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Pada awal penggunaan, kita akan merasa kaku dan sering salah dalam pengoperasian tetapi setelah terbiasa akan terasa lebih mudah dan melakukan pekerjaan akan terasa jauh lebih cepat.

4. Mesin Jahit Obras





cocok untuk  overclocking dan overedging bahan ringan dan menengah pelumasan secara otamatis  dan kinerja yang sangat baik                                                 low sewing tension,Jahitan rapi dan indah


5. Mesin Lubang Kancing



Mesin jenis ini kegunaannya untuk membuat jahitan dalam lubang kancing dan pada beberapa tipe bisa digunaka sekaligus untuk memasang kancing. Model, tipenya,  ukurannya dan harganya juga bermacam-macam.  sangat efektif dan efesien dalam melakukan pekerjaan



5. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai (Distro)




Mesin ini mengadopsi mekanisme tipe jarum feed mechanism, mengambil dan menangkap untuk menghasilkan
dua baris jahitan rantai, yang tegas dan elastis, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif, pakaian dalam, pakaian berbahan dasar kaos, bedcover dan kulit. Ada lima jenis alat ukur yang tersedia untuk seleksi.


6. Mesin Jahit Overdeck




Mesin ini mengadopsi sistem pelumasan otomatis tertutup yang lengkap, drive utama mengadopsi timing belt untuk menjamin kecepatan tinggi dan mengurangi kebisimgan. mesin jahit jenis ini harus di servive secara khusus, untuk meningkatkan kapasitas ketahanan aus nya.
Model dasar dari mesin ini dapat membentuk dasar menjahit dan tingkat lanjut. Mesin ini biasanya digunakan khusus untuk membuat pakainan berbahan dasar kaos, tetapi dapat juga digunakan untuk menjahit ritsleting nilon dan scallop.

Sebetulnya masih banyak jenis-jenis mesin jahit tetapi untuk Anda yang mau belajar menjahit sekedar untuk hobby atau hanya melakukan pekerjaan menjahit dirumah, mengenal beberapa jenis mesin yang disebut diatas itu sudah lebih dari cukup.

17 komentar:

  1. sangat bermanfaat....hatur nuhun

    BalasHapus
  2. hatur nuhun.........sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya
    lagi nyari2 mesin jahit

    BalasHapus
  4. suwun ilmu nya ..sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Makasih gan .. siapapun yang bikin (Y)

    BalasHapus
  6. Lagi nyari referensi buat usaha kaos

    BalasHapus
  7. Om,
    Mkasih infonya.

    izin copas ya om.

    BalasHapus
  8. Membaca artikel ini membuat saya ingat 25 tahun yang lalu. Ibuku pernah punya mesin jahit butterfly yang ada motif ukirannya. hanya beberapa lama langsung dijual lagi karena butuh uang. he he..

    BalasHapus
  9. blog bagus. mau belajar jahit...boleh datang lagi ya. dan ijin copy untuk dipelajari ....

    BalasHapus
  10. kau punya mesin jahit butterfly melihat ada yang bisa jalan cepet seperti JUKI jadi pingin deh, moga2 bisa beli.

    BalasHapus